Ekspresi Emosi Dalam Musik
Nama : Riswanto
Kelas : R3L
Npm : 202146500949
Filsafat Seni : Tugas 1
Stephen Davies
Dikutip dari The Philosophy of Art (2006) oleh Stephen Davies. Dicetak ulang dengan izin
dari penulis.
Kami berpikir bahwa musik dapat mengekspresikan emosi tanpa bantuan kata-kata atau gambar. Dalam kasus yang paling mencolok, kami mengatakan bahwa musik instrumental murni dalam tradisi abstrak, seperti simfoni klasik, bisa senang atau sedih. Terkadang suasana ekspresif yang konsisten melingkupi seluruh gerakan, seperti halnya dengan cerahnya yang terakhir gerakan Simfoni Ketujuh Beethoven. Di lain waktu, suasana hati berubah kembali dan maju, seperti dalam gerakan ketiga Simfoni Empat Puluh Mozart, di mana suasana tegang, gelisah,penggerak saraf minuet diganti di bagian "trio" pusat dengan ketenangan yang tenang.
Namun musik tidak dapat merasakan emosi, tidak secara jelas menunjuk atau mencirikan objek yang tepat menimbulkan emosi, dan tidak menggambarkan atau melibatkan perilaku, seperti menangis, cemberut, melompat-lompat, dan berteriak, yang secara alami mengekspresikan emosi. Dalam lagu, itu sesuai untuk memikirkan musik dan kata-kata yang digabungkan untuk memberikan ekspresi perasaan karakter diwakili oleh penyanyi, meskipun akan tetap menjelaskan apa kontribusi musiknya adalah. Namun, dalam kasus musik instrumental murni, tidak jelas apakah emosi seseorang menyatakan; namun kami mengalami musik sebagai ekspresi emosional.
Dapat dikatakan bahwa ekspresi musik adalah subjektif dalam arti berbeda orang dapat dengan tepat mengaitkan sifat ekspresif yang berbeda dengan karya musik tanpa tidak setuju. Menurut pandangan ini, bisa jadi benar bagi saya bahwa musiknya sedih dan benar bagi Anda bahwa itu bahagia. Jika posisi ini benar, ekspresi musik tidak properti objektifnya, dan penjelasan filosofis tentang sifat dan dasar itu ekspresif harus fokus sebanyak atau lebih pada apa yang khas bagi individu pendengar tentang apa yang khas untuk musik.
Maka, kita harus mulai dengan mempertimbangkan apakah ekspresi musik itu subjektif atau?objektif.
Bukti biasanya diajukan untuk sifat subjektif dari atribusi ekspresivitas musik menarik perhatian pada kurangnya kebetulan di orang yang berbeda penilaian tentang ekspresifitas potongan individu. Apakah bukti ini konklusif?
Sebagai permulaan, kita harus mengabaikan penilaian orang-orang yang tidak terbiasa dengan gaya musik yang dimaksud, atau yang tidak ditempatkan dengan baik untuk
menghargai musik. Ketika tanggapan pendengar yang tidak tepat dialami dengan musik dari jenis yang bersangkutan telah dikesampingkan, berapa banyak variasi dalam penilaian? .
Jika musik sangat halus dalam ekspresinya, sedikit kontras dalam emosional kualitas yang dikaitkan dengan musik akan menunjukkan ketidaksepakatan. Mereka yang berpikir ekspresifitas musik instrumental murni berbutir halus berpendapat bahwa ini menjelaskannya ketidakterbacaan; yaitu, untuk kesulitan yang kadang-kadang kita alami dalam mencoba mengatakan dengan tepat dalama kata-kata apa yang diungkapkannya. Posisi yang berlawanan menyatakan bahwa musik hanya mengekspresikan secara luas kategori emosi, dalam hal ini tidak ada perbedaan substantif yang ditunjukkan dengan penilaian bermacam-macam bahwa musiknya sedih, murung, sarat kesedihan, suram, sedih, atau sengsara. Dia melanjutkan: apa yang membuat keunikan ekspresif dari karya individu bukanlah kekhususan emosi yang diungkapkan tetapi kekhasan sarana musik yang digunakan untuk mencapai ekspresinya. Ada banyak cara untuk mengekspresikan emosi umum tertentu dalam musik. Oleh karena itu, perbedaan di antara karya-karya tidak berarti bahwa karya-karya tersebut mengungkapkan beragam, emosi yang sangat spesifik.
Jika kita mengadopsi pandangan pertama dan menganggap ekspresi musik sebagai hal yang halus, kita harus mengakui bahwa pendengar tidak setuju di antara mereka sendiri tentang apa yang diungkapkannya. Tetapi jika kita mengambil kedua, tingkat persetujuan jauh lebih tinggi, yang mungkin menjadi alasan untuk mendukungnya. Seperti yang baru saja diamati, ketika emosi yang diungkapkan oleh musik diidentifikasi pada tingkat yang agak umum tingkat, ada banyak kesepakatan intersubjektif tentang ekspresif musik karya (juga tentang emosi yang tidak dapat mereka ungkapkan). Pengamat itu dengan baik penglihatan setuju di siang hari bahwa rumput yang sehat berwarna hijau menunjukkan bahwa pengalaman mereka tentang warnanya tergantung tidak kurang pada sifat objektif atau kekuatan rumput daripada pada sifat (bersama) dari kapasitas persepsi manusia. Saya menyarankan bahwa sesuatu yang serupa berlaku untuk ekspresi musik.tidak setuju dan, kecuali cerita yang cukup rumit dapat diceritakan — mungkin mereka mendengarkan dengan sangat pertunjukan yang berbeda dari karya yang sama—setidaknya salah satunya salah.
Jadi, kami mencari penjelasan tentang bagaimana ekspresi musik dapat menjadi properti objektif itu.
lagu-lagu protes membangkitkan tahun 1960-an, dan seterusnya. Ketika mereka menggunakan nada atau instrumen yang sesuai, komposer dapat mengandalkan asosiasi bersama tersebut untuk memberikan prediksi, diakui secara luas ekspresif dalam musik mereka.Tidak ada keraguan bahwa musik sering kali dapat memunculkan konteks sebelumnya di mana musik itu didengar dan emosi yang mereka tanamkan. Tampaknya sangat tidak mungkin, meskipun, musik itu ekspresivitas selalu asosiatif dengan cara ini. Juga dengan perang, terompet dan genderang dapat dikaitkan dengan banyak hal lain, seperti kafe jazz berasap. Bagaimanapun, pikiran tentang perang pasti tidak selalu mengingat serangkaian emosi tertentu: untuk beberapa hal itu menimbulkan nostalgia, untuk kesedihan orang lain. Asosiasi yang dipanggil cenderung mengikat musik ke era atau gerakan, bukan emosi seperti itu. Lagu-lagu yang berhubungan dengan masa perang, seperti We'll Meet Again (dikomposisikan di Inggris oleh Albert Parker dan Hugh Charles pada tahun 1941), mungkin langsung membawa pendengar ke masa lalu, tetapi itu tidak berarti mereka berkorelasi dengan emosi tertentu.
Poin yang lebih jelas adalah bahwa koneksi paling kuat antara musik dan lainnya konteks tampaknya bergantung pada ekspresi bahwa musik berkontribusi dalam dirinya sendiri.
Alih-alih musik menjadi netral secara emosional tetapi mewarisi nada ekspresif dari pengaturan sosialnya, lebih sering ia menambahkan karakter afektifnya sendiri dan dengan demikian memperkuat atau melengkapi profil emosional konteks. Tapi dalam hal itu, ekspresinya itu
kontribusi adalah sesuatu yang sudah dimilikinya, bukan sesuatu yang diperolehnya melalui asosiasi.
Musik yang diambil dari Simfoni Kelima Gustav Mahler memperdalam kesedihan Lucino Film Visconti tentang kisah Thomas Mann Death in Venice, sementara bagian dari salah satu karya Mozart Konser piano C mayor mengatur nada (ketenangan pastoral diwarnai dengan kerinduan yang menyedihkan) untuk Bo Film Swedia karya Widerberg Elvira Madigan. Tentunya musik itu dipilih bukan karena direktur mengira itu didakwa dengan asosiasi yang sesuai — lagipula, sebagian besar
penonton tidak akan mengetahui karya klasik ini—melainkan karena karakter ekspresif berpadu dengan efek emosional yang coba diciptakan oleh sutradara dalam film mereka. Bahkan, di mana sebuah asosiasi diproduksi, itu bisa merugikan musik.
Ketika musik klasik disesuaikan dengan keceriaannya dan digabungkan dengan kata-kata iklan pasta gigi, atau saat Beethoven's Ninth Symphony digunakan dalam film Stanley Kubrick tentang Novel Anthony Burgess A Clockwork Orange, musik dan ekspresinyalah yang menderita koneksi.
Keberatan terhadap posisi ini mudah didapat. Komposisi bisa memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk menyelesaikan, dan komposer mereka tidak diragukan lagi menjalankan keseluruhan emosi selama periode tersebut.
Komposer tidak dihambat dalam menulis requiem sedih oleh kegembiraan mereka saat menerima komisi untuk pekerjaan tersebut. Juga, tindakan mengungkapkan kesedihan dengan menulis simfoni adalah yang sangat canggih, dan meskipun mudah untuk melihat bagaimana audiens dapat membacakan perasaan komposer dari air mata yang dia berikan di bawah kekuatan perasaan itu, asumsi bahwa mereka melakukan hal serupa ketika mereka mendengar kesedihan di simfoni
membutuhkan lebih banyak diskusi. Dengan kata lain, tindakan komposisi musik tidak ekspresif dengan cara yang mendasar dan transparan, seperti air mata, dan begitu pula cara tindakan komposisi menjadi ekspresif dengan menyerupai bentuk-bentuk yang alami dan mudah dipahami ekspresivitas tidak jelas atau jelas.
Menolak teori ekspresi tidak berarti menyangkal bahwa komposer terkadang mengekspresikan emosi mereka dalam musik yang mereka tulis. Mereka dapat dengan sengaja berangkat untuk membuat pekerjaan yang mengekspresikan perasaan mereka dengan mencocokkannya. Tindakan ekspresi, kemudian, lebih dekat untuk mengekspresikan perasaan sedih seseorang dengan mengukir topeng wajah yang tampak sedih daripada dengan menangis tersedu-sedu. Kata sifat sedih diterapkan pada topeng, bukan pemahat, dan itu akan tetap pantas bahkan jika pengukirnya senang, tetapi di mana topeng telah dibuat mencerminkan apa yang dirasakan pemahat, dengan demikian mengungkapkan emosinya. Yang ditolak adalah analisis yang diusulkan oleh ahli teori ekspresi tentang ekspresi musik, yang menurutnya membuktikan bahwa musik itu ekspresif adalah bahwa ia menghadirkan emosi yang dirasakan komposer.
respon tidak terelakkan. Pendengar mungkin berharap untuk menghibur suasana hatinya dengan mendengarkan bahagia musik dan gagal, meskipun dia memperhatikan musik dengan tepat. Dalam karya lain, pendengar mungkin mengenali dan menghargai kesedihan musik namun tetap tidak tergerak, atau mungkin sebaliknya merasakan kekaguman atas kemampuan komposer dalam menciptakan efek ekspresif. Sementara itu, teori gairah tampaknya mendapatkan hal-hal kembali ke depan. Kami biasanya akan berpikir itu karena musik sedih karena menggerakkan pendengar, bukan karena tergeraknya pendengar adalah dasar kami menyebutnya sedih. Tanggapan itu bukan semata-mata disebabkan oleh musiknya, melainkan tanggapan terhadap musiknya
dan, khususnya, pada karakter ekspresif yang kita kenali di dalamnya.
Salah satu keberatan terhadap teori ini mengamati bahwa banyak pendengar yang kompeten yang sensitif ekspresi musik tidak sadar memainkan sandiwara imajinatif ini karena mereka mendengarkan. Alasan lainnya adalah bahwa pola musiknya tidak cukup rumit atau tepat untuk membatasi keterlibatan imajinatif pendengar dengan musik. Tentu saja, apa yang dibutuhkan bukan karena semua pendengar mempercayai cerita yang sama, tetapi mereka setuju dalam penilaian mereka tentang ekspresi musik sebagai hasil dari membayangkan apa pun yang mereka lakukan. Tapi meski begitu,ada alasan untuk meragukan bahwa kebetulan dalam penilaian ini harus terjadi. Satu pendengar mungkin mendengar kemarahan diekspresikan di mana orang lain mendeteksi kebahagiaan dan sepertiga mendengar seksual ekstasi, karena kehilangan kesabaran mungkin sangat dinamis seperti meledak dengan sukacita atau pelepasan seksual. Dan lagi, satu pendengar merasakan perubahan suasana hati dari satu persona dan mencoba untuk mengintegrasikannya, di mana yang lain mendengar perbedaan yang tidak dapat didamaikan antara emosi dari serangkaian persona yang berbeda, dan sepertiga membayangkan kasus seorang ibu yang berpikir tentang kepribadian yang berbeda dari anak-anaknya.
Wajah anjing basset terlihat seperti wajah seseorang jika orang itu sedih dan menunjukkannya.
penampilan karakteristik emosi, itu dialami mirip dengan perilaku tidak hanya dalam profil dinamisnya tetapi juga dalam profil ekspresifnya. Sama seperti orang-orang yang bahagia bergerak dalam fashion yang energik, cepat, dan lincah, begitu juga musik yang ceria, dan juga orang yang sedih bergerak perlahan, seolah terbebani dengan hati-hati, begitu juga musik sedih. Harmonis dan tekstur kejernihan mengikuti musik yang bahagia, sementara kepadatan harmonik dan ketegangan yang tidak terselesaikan berjalan dengan sedih musik, dan sekali lagi, ini dialami sebagai menyerupai keterbukaan yang diarahkan ke luar dan antusiasme yang dengannya orang-orang bahagia menyapa dunia dan penyerapan diri ke dalam dan kegelapan yang membawa kesengsaraan.
Komentar
Posting Komentar